Cara merawat rantai sepeda motor

5-cara-ampuh-merawat-rantai-motor

Rantai pada sepeda motor menjadi komponen penting yang membutuhkan perhatian secara berkala. Akibat penggunaan terus menerus komponen ini kerap mengalami masalah. Paling mudah terlihat adalah keadaan rantai yang mengendur.
Rustam, Senior Mekanik AHASS Bintang Motor saat ditemui Otomania Senin (2/4/2016) mengungkapkan, rantai sepeda motor adalah bagian paling rentan masalah jika jarang diperhatikan.
“Akibat pemakaian sehari-hari rantai bisa kendur. Keadaan ini bila dibiarkan bisa menyebabkan masalah saat di jalan seperti rantai lepas dari gir atau paling parah rantai putus,” ucap Rustam.
Untuk itu, rantai perlu disetel ulang ketegangannya dengan mengendurkan as roda belakang dan memundurkan ke posisi semula. Hal ini merupakan langkah paling mudah untuk merawat rantai kendaraan bermotor.
Pemeriksaan rantai sepeda motor ini sebaiknya dilakukan berkala. Minimal sebulan sekali atau saat jarak berkendara sejauh 1.000 km.

[AdSense-A]

“Perawatan pada rantai itu paling mudah. Tidak perlu dirasakan hanya dilihat. Pemilik kendaraan jangan menunda untuk mengencangkan rantai jika melihat kondisi rantai mulai mengendur,” ucap Rustam.
Perawatan rantai juga dapat dilakukan apabila pemilik kendaraan mendengar suara rantai yang tidak normal atau berisik. Ini bisa mengindikasikan posisi rantai tidak satu garis dengan posisi gir. Akibatnya rantai akan menggesek bagian-bagian kendaraan dan menyebabkan rantai terkikis. Segera perbaiki ke bengkel terdekat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
Selain proses mengembalikan tegangan rantai, pemilik kendaraan juga disarankan membersihkan rantai dari kotoran. Gunakan cairan pembersih rantai yang dijual di pasaran. Jangan menggunakan oli bekas karena hal ini malah akan memperparah kotoran yang menempel di rantai.

Cek Kondisi Rutin Kondisi Rantai
Langkah terbaik ialah memeriksa kondisi rantai ini apakah terasa kendur atau tidak,serta lakukanlah penyetelan dengan cara menyetel rantai dengan jarak antara 8 – 11 mm. ini bisa di lakukan di bengkel – bengkel pinggir jalan tetapi biar aman , lakukan di tempat service
motor anda yang sudah anda percayai.

Cek Pula kondisi penutup rantai
Mengecek kondisi penutup rantai ini sangatlah penting sebab bila kondisi penutup rantai itu tidak terpasang dengan baik, ini bisa bahaya dan disamping itu juga menyebabkan suara berisik gesekan antara rantai dan penutup tersebut.

Gunakan pelumasan rantai
ini titik poin yang memang benar benar penting, karena mayoritas pengguna motor merasa malas untuk melumasi rantai motor dengan pelumas yang khusus . bila kita nalar dan kita lihat , rantai butuh biar kelihatan kencen harusnya di kasih pelumas, hal ini bisa mencegah karat juga lho .nah karena karat tersebut rantai motor anda bisa timbul suara berisik di saat sepeda motor anda berjalan . untuk melumasi oli motor , pilih oli yang khusus untuk motor , setahuku merk MTR oli Motor dan lain lain . 😀

Bersihkan rantai dan gear secara berkala
pembersihan rantai dan gear secara berkala ini penting . Bisa menggunakan cairan khusus, minyak tanah dan atau bensin . dengan cara :

Bersihkan rantai dengan menggunakan bensin dan kuas
begitu juga dengan gearnya biarkan kering sebentar
Lalu berikan pelumas.
Tips Terbaru Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet

Maksimal potong rantai 1 kali
Potong rantai 1 kali Cara yang paling ideal / efisien untuk menghilangkan rantai kendur adalah memotong satu mata rantai. Langkah ini sah sah saja dan tidak masalah , namun sebaiknya jangan potong rantai sampai lebih 1 kali. Karena akan membuat gerakan rantai tidak maksimal dan kasihan juga gearnya .

Pakailah Gear dan Rantai yang Ori / Original
ini biasanyaa tersedia satu paket saat anda membeli gear dan rantai yang Original . dan ingat , jangan yang membeli abal – abal di samping demi keselamatan , ini juga karena biar motor anda tetap awet.

Memang tidak banyak yang kami berikan kepada anda tentang Cara Terbaru Merawat Rantai Motor Agar Tetap Awet. setidaknya bisa menjadi sedikit referensi untuk anda yang sekarang ini suka banget modifikasi motor.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Cara merawat rantai sepeda motor”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *