Bagian motor yang harus di servis sebelum mudik

Foto dari http://otomotif.metrotvnews.com/
Foto dari http://otomotif.metrotvnews.com/

Mudik adalah kegiatan tahunan yang rutin dilakukan biker setiap hari raya idul fitri, setiap tahunnya angka pemudik yang menggunakan sepeda motor selalu meningkat, Kebanyakan para pemudik beralasan kalau menggunakan sepeda motor, perjalanan mudik bisa lebih praktis, efisien dan pastinya hemat ongkos.

Pemerintah sebenarnya sudah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor, selain berbahaya kendaraan tersebut memang bukan didesain untuk perjalanan jauh.

Sepeda motor merupakan kendaraan yang cocok digunakan di dalam kota. Sangat tidak disarankan mudik dengan menggunakan sepeda motor,” ujar Sarwono Edhi Technical Service Training Development AHM.
Bagi sobat yang mudik menggunakan motor, berikut beberapa hal yang harus di cek sebelum berangkat ke kampung halaman.

[AdSense-A]

Cek ban

Periksa angin ban dan bila perlu ganti ban luar atau ban dalam depan dan belakang. Pemeriksaan meliputi ketebalan ban atau keausan ban, jumlah tambalan sebaiknhya jangan lebih dari dua. Gunakan ban yang dapat digunakan untuk kondisi jalan yang basah dan kering.

Sebaiknya menggunakan ban tubeless, agar jika dalam perjalanan mudik ban terkena paku, masih ada tenggang waktu lama dan memungkinkan kita menjangkau bengkel untuk memperbaiki ban.

Sistem Pengapian

Sistem pengapian merupakan salah satu komponen penting pada motor. Perjalanan akan terganggu jika pengapian tidak beres. Busi adalah satu bagian dari sistem pengapian, bersihkan dengan hampelas busi jika sudah kotor (hitam) atau lebih bagus lagi jika di ganti yang baru. Selanjutnya jika motor masih menggunakan karburator, cek dan bersihkan dari kotoran. Jika menggunakan sistem injeksi lebih baik ke bengkel agar hasil maksimal.

[AdSense-B]

Cek gear dan rantai roda

Periksa dan bila perlu ganti gear dan set rantai roda. Pemeriksaan sendiri meliputi keausan rantai, kendor atau tidak rantainya, dan selalu gunakan pelumas rantai agar selama perjalanan tidak ada masalah yang terjadi pada rantai.

Kampas rem

Rem menjadi hal yang wajib di kontrol, mungkin saja kampas rem motor Anda akan segera habis. Jika sudah tipis, lebih baik di ganti saja. Anda tidak mau kan jika tiba-tiba saja di tengah perjalanan kanvas rem motor habis, sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

 

CVT atau Continously Variable Transmission

Perhatikan suara dan getaran CVT serta tarikannya, apakah normal atau tidak. Karena jika ada masalah dalam sistem CVT, hal ini terjadi karena roller CVT kotor atau aus atau per driven pulley sudah aus.

Bearing

Sebelum memulai perjalan harap periksa dulu bearing atau leher baik di bagian roda atau kemudi. Kondisi leher yang bagus akan membuat kemudi stabil untuk melibas setiap jalan yang bergelombang atau garinjul. Bearing pada roda motor berfungsi untuk menstabilkan perputaran roda stabil.

Fungsi Aki

Pemeriksaan dilakukan dengan cara menghidupkan mesin dengan elektrik starter, lampu depan, sein, klakson, dan perhatikan juga apakah performanya telah menurun dari biasanya atau tidak.

Pelumas

Jika sudah cukup lama, lebih baik ganti baru oli motor Anda. Dengan oli mesin atau pelumas yang masih baru akan meningkatkan performa mesin motor, dan menjaga agar kondisi mesin motor tetap prima.

Kelancaran stang kemudi

Periksa juga kelancaran stang kemudi dengan cara sepeda motor di standar tengah. Tahan ban belakang agar ban depan dapat terangkat dari tanah, kemudian belokkan kekiri dan ke kanan pastikan tidak ada hambatan dan suara yang aneh akibat dari gesekan kabel atau bearing.

Suspensi depan dan belakang

Periksa sistem suspensi depan dan belakang dengan cara memberikan beban pada suspensi depan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menaiki motor, dan diayun agar kita bisa merasakan pergerakan suspensi dan cek apakah suspensi normal atau tidak, jika tidak segera periksa agar tidak menjadi masalah saat sepeda motor digunakan mudik.

Lampu Utama

Kondisi penerangan jalan selama perjalanan mudik tentu tidak semuanya sama, ada baiknya jika anda mengganti lampu utama anda dengan lampu yang lebi terang.

Itulah beberapa bagian motor yang wajib anda periksa sebelum perjalanan mudik anda, bagi yang akan mudik lebaran tahun ini semoga selamat sampai tujuan, dan selamat Idul Fitri.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Bagian motor yang harus di servis sebelum mudik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *