Gara-gara Jantungan, Perempuan Lebih Gampang Mati!

By on March 8, 2012
manggis

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to paste your ad code.

Wahai para perempuan, berhati-hatilah! Sekali lagi waspada! Para peneliti dari Perancis menemukabukti bahwa wanita lebih mudah mati akibat serangan jantung.

Ilmuwan-ilmuwan ini menemukan fakta bahwa laki-laki ternyata lebih tahan hidup lama dibanding perempuan saat mengidap serangan jantung.

Maria Rosa Costanzo, MD, juru bicara American Heart Association berpendapat meningkatnya kematian pada perempuan berkaitan dengan perbedaan perawatan dan pengobatan dengan laki-laki.

Penelitian tehadap 3.500 orang yang dirawat karena serangan jantung menambah bukti kurangnya akses perempuan dibanding laki-laki. Dibanding laki-laki, perempuan cenderung lebih sedikit mendapatkan perawatan angiografi untuk memvisualisasikan penyumbatan pembuluh darah jantung atau angioplasti untuk membuka arteri yang tersumbat.

Karena itu tak heran, bila perempuan dua kali lebih mungkin meninggal dalam waktu satu bulan setelah serangan jantung, seperti yang diungkapkan American College of Cardiology.

Costanzo juga menambahkan mengapa wanita memiliki risiko lebih buruk saat menderita penyakit jantung. Ini jelas disebabkan oleh perbedaan biologis seperti lebih kecilnya pembuluh darah wanita dibanding laki-laki yang meningkatkan risiko komplikasi selama angioplasti. Selain itu perempuan cenderung berusia lebih tua ketika mendapat serangan jantung. (tam)